Yamaha Mio Ini Tembus 7,771 Detik 201 Meter

Yamaha Mio Ini Tembus 7,771 Detik 201 MeterMeski sirkuit terbatas soal area pengereman, tapi Amir Ceria mampu bikin Yamaha Mio ini tembus 7,771 detik di lintasan 201 meter. Yup! Mio milik Yong Motor ini meraja di kelas FFA Matik s/d 350 cc di salah satu event drag di Sirkuit Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

“Ini juga belum maksimal banget. Takut rem enggak dapat. Jadi, sebelum finish sudah kendurkan gas,” bilang Amir.

Wah, gimana kalau masih gas terus tuh. Mungkin bisa lebih tajam lagi waktunya ya! Apa sih rahasianya? “Enggak macem-macem kok. Yang penting, seting sesuai kebutuhan aja. Motor, butuh teriak ketika sentuh jarak 150 -170 meter,” bilang Yong Mustofa, owner Yong Motor di Jl. Serdang Raya, No. 4, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bicara soal dapur pacu yukz! Untuk membuat Mio ini gahar di kelas FFA, tentu kudu bikin bengkak kapasitas mesin. Yong menempuh metode bore up dan stroke up. Demi perbesar isi silinder, doi andalkan piston merek RRGS diameter 69 mm yang punya permukaan flat alias datar.

Kemudian, kejar volume silinder lebih besar lagi dengan stroke 90 mm. “Tapi untuk stroke ini, sekaligus ganti kruk as dari part aftermarket Thailand,” ungkap pria 29 tahun yang beli kruk as itu di gerai Kodok Motor, Jakarta.

Lewat aplikasi ubahan stroke dan bore, Mio ini punya kapasitas engine 336,4 cc. Wah, besar juga tuh! Temani isi silinder yang bengkak, lubang isapan dan buang juga disesuaikan.

Klep pakai punya mobil Toyota Vios. Untuk klep in 34 mm. Sedang klep ex 29 mm. Menjaga naik-turun klep lebih stabil, mekanik satu putri ini bikin dobel per klep. Pakai per klep standar didobel per klep Honda Sonic yang bagian dalamnya.

Kinerja klep itu pun, ditemani durasi kem yang diracik menjadi 269º. Sedang LSA-nya, bermain di 105,5º. Karakter kem ini cenderung bermain di putaran bawah juga. Tak hanya teriak di putaran tinggi. Lewat ubahan ini, lift klep sekarang menjadi 9,5 mm.

Dengan bukaan yang besar, tentunya volume udara dan bahan bakar yang masuk ruang bakar juga musti disesuaikan. Maka itu, Yong lebih pilih mereamer karbu Honda NSR SP. Yup! Keihin yang aslinya berukuran 28 mm itu diperbesar venturi menjadi 31,5 mm. “Biar sesuai kebutuhan di ruang bakar,” akunya.

Terakhir, biar tenaga puncak keluar di jarak yang diinginkan, perbandingan gigi rasio 18/39 (2.166) dipasang di girboks. Belum cukup sampai situ! Agar tenaga tidak liar di putaran bawah, roller 14 gram dipasang di puli yang aplikasi milik Yamaha Fino.

One thought on “Yamaha Mio Ini Tembus 7,771 Detik 201 Meter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s