suzuki spin berubah ala ATV

suzuki spin berubah ala ATVAkibat tabrakan tiga bulan lalu bikin rangka rusak, Suzuki Spin 2006 digarap Hans Baitullah dari Han’s Custom (HM), Bogor. Hasilnya jadi Spin tiga roda yang diturunkan langsung di ajang MOTOR Plus Skubek Contezt 2010 di Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Model supertrike garapan HM terbilang berani. MOTOR Plus masih ingat kalau skubek lebih sering dibikin jadi ATV. Kalau model trike yang basis dasarnya mesin skubek, enggak banyak.

“Seingat saya baru satu motor di Jogja. Makanya, saya jajal garap trike. Tapi, jujur semua masih digarap terburu-buru. Makanya masih banyak kurangnya,” beber Hans dari rumah modifikasi yang buka gerai di Jl. Ciheleut, Bogor.

Konsep trike HM enggak tanggung. HM ngambil dasar desainnya motor tiga roda milik seleb Raffi Ahmad yang pacarnya Yuni Shara itu. “Wah, saya lupa mereknya apa,” singkat Hans.

Trike Raffi Ahmad itu namanya Can-Am Spyder. Pernah diliput langsung MOTOR Plus saat pameran Bangkok International Motor Show ke-30 2009.

Hans mau jujur kalau masih banyak yang kudu diberesin di trikenya ini. Kekuranggan trike garapan HM ada di beberapa bagian. Paling mendasar tiga roda HM enggak bisa mundur. Padahal, tiga roda enggak bisa atret bikin susah pemiliknya. “Sementara ini saya cuma mengandalkan putaran langsung dari mesin. Butuh biaya tambahan kalau mau bisa mundur,” kata lajang 25 tahun.

Terus, sistem elektrik starter. Elektrik starter dipicu arus langsung dari sepul. Enggak ada tahanan lagi atau penyimpan di aki. “Waktu tabrakan, kondisi kabel jadi enggak karuan. Jadinya, ngeraba buat bikin kondisi elektrik kemabli normal,” sergap Hans.

Tentunya ada yang tetap dijadikan dasar ubahan dari roda dua menjadi tiga roda. Sistem gardan alias poros penggerak diaplikasi untuk mempermudah dua ban enteng digerakkan kanan-kiri. Pilihan gardan dari Suzuki Carry.

Gardan Carry kecil. Terus, responnya untuk menggerakan ban lebih cepat dibanding gardan lain kalau dipindah ke motor,” ujar Hans yang spesialis modifikasi motor konsep ini.

Selain dasar ubahan dari roda dua ke roda tiga yang memang dirancang sip, bodywork pun lumayan sempurna. Model Can-Am Spyder dibikin jadi minimalis. Bagian depannya sangat mendekati tampak muka Can-Am Spyder.

5 thoughts on “suzuki spin berubah ala ATV

  1. Tuan Muda

    modifikasi yang mantapz. kita punya donasi mesin mio untuk siswa smk, terinspirasi mdel diatas, saya dan siswa ingin mngubah mio tsb jadi ATV juga. kalau boleh saya minta sket awalnya dong, tapi kita tetap pakai penggerak belakang biar irit mengingat keuangan sekolah tidak memungkinkan, terima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s