Modifikasi Yamaha V-ixion 2010 Teknologi Injeksi Spec Down Jadi Teknologi Karbu

Modifikasi Yamaha V-ixion 2010 Teknologi Injeksi Spec Down Jadi Teknologi KarbuTeknologi injeksi di balapan, belum semua dibantu part dan man power yang mendukung. Makanya sebagaian tunner rumahan, masih pede akan filosofi soal mudahnya bikin motor karburator ketimbang injeksi. Malah untuk kebutuhan balap, ada yang ubah sistem bahan bakar injeksi jadi karburator.

Selain itu, komponen aftermarket Electronic Control Unit (ECU), kerap bermasalah, tunner yang garap V-ixion ini. Ubah sistem injeksi ke karburator, pengapian Yamaha Jupiter MX. Mulai dari spul, magnet, koil dan CDI BRT I-Max Jupiter MX.

Modifikasi Yamaha V-ixion 2010 Teknologi Injeksi Spec Down Jadi Teknologi Karbu

V-ixion ini, turun untuk kelas Sport 4-tak 150 di salah satu event fun race di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat (26/1). “Menghadapi trek Sentul besar yang panjang, V-ixion harus punya karakter power yang keluar mulai dari putaran bawah hingga atas.

Kejar setingan tadi, isi silinder wajib dikorek. Piston standar digantikan seher Hi-Speed diameter 63,5 mm sepaket dengan blok silindernya. Stroke masih pertahankan bawaan motor, 58,7 mm. Piston dibikin mendem 0,8 mm. Perbandingan kompresi mesin ada di 13 : 1. Dibikin kompresi padat, untuk meminum bahan bakar Bensol.

Modifikasi Yamaha V-ixion 2010 Teknologi Injeksi Spec Down Jadi Teknologi Karbu

Kapasitas engine jadi 185,8 cc. Isi silinder yang sudah jadi gambot ini, bahan bakar harus dibikin banyak juga, makanya untuk BBM-nya dipasok karburator Keihin PWK 28 mm Sudco. Bahan bakar masuk melalui katup in 22 mm dan keluar melalui katup ex 19 mm.

Kedua klep tadi, buka-tutupnya diatur dengan durasi kem in 254 derajat dan ex 249 derajat. Durasi kem yang dibikin karakter rendah ini bikin klep in membuka 28 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 46 setelah TMB (Titik Mati Atas). Sedangkan katup buang membuka 44 derajat sebelum TMB dan menutup 25 derajat setelah TMA.

Modifikasi Yamaha V-ixion 2010 Teknologi Injeksi Spec Down Jadi Teknologi Karbu

Karakter sentul dengan trek panjang, V-ixion ini didukung final gear 14/43 mata. “Untuk gearbox pakai 5-speed bawaan mesin originalnya. Karena kapasitas silinder sudah bengkak jadi 185,8 cc, untuk menghindari overheat makanya aplikasi radiator dengan penampang yang lebih besar. Pendinginan engine pakai radiator Honda CBR 150R,” terang Adi. Hasilnya, V-ixion karburator yang dibawa Sandri Akbar ini berhasil melibas lawannya yang kebanyakan pakai motor injeksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s